skip to Main Content
KUNJUNGAN KERJA RESES KOMISI III DPR RI DENGAN 3 LINGKUNGAN PERADILAN SE WILAYAH PROVINSI JAMBI

KUNJUNGAN KERJA RESES KOMISI III DPR RI DENGAN 3 LINGKUNGAN PERADILAN SE WILAYAH PROVINSI JAMBI

Jambi – Humas : “Kunjungan kerja ini merupakan tugas konstitusional Anggota DPR RI khususnya komisi III dalam rangka melakukan pengawasan kepada mitranya di daerah”,hal tersebut disampaikan oleh Ketua Tim Komisi III DPR RI Ir. Pangeran Khairul Saleh, M.M. pada saat melakukan kunjungan kerja Reses dengan 3 (tiga) Lingkungan Peradilan sewilayah Jambi.

Lebih lanjut,  Ir. Pangeran Khairul Saleh, M.M. Menyampaikan bahwa  hal – hal penting di daerah akan menjadi masukan dalam rapat konsultasi agar melakukan rapat dengar pendapat dengan Lembaga terkait.

Kegiatan yang dilaksanakan di Pengadilan Tinggi Jambi pada hari Kamis,1 maret 2024 dihadiri oleh beberapa Anggota komisi III DPR RI yaitu : Ir. Pangeran Khairul Saleh, M.M., H. Gilang Dhielafararez, S.H., L.L.M., H. Arteria Dahlan, S.T., S.H., M.H., Hj. Siti Nurizka Puteri Jaya, S.H., M.H., H. Heru Widodo, S.Psi., Novri Ompusunggu, S.H., M.H., Dr. Benny Kabur Harman, S.H., M.H.

Pada sesi paparan, Ketua Pengadilan Tinggi Jambi, Nugroho Setiadji, S.H, menyampaikan beberapa program prioritas pada Tahun 2024, seperti : Peningkatan pengawasan dan pembinaan, Peningkatan kualitas sarana IT ,Peningkatan kualitas sumber daya manusia,Peningkatan layanan posbakum pada Pengadilan Negeri sewilayah hukum Pengadilan Tinggi Jambi, Peningkatan kegiatan Kimwasmat dan Optimalisasi anggaran guna mendukung tugas dan fungsi pengadilan.

Sedangkan dalam hal Pengawasan, program peningkatan integritas dan kapasitas di peradilan dilaksanakan dengan melakukan sosialisasi kebijakan internal Pengadilan, sosialisasi kebijakan SEMA Nomor 7,8, dan 9 Tahun 2016 maklumat KMA Nomor 1 Tahun 2017 , penandatanganan Pakta Integritas serta bimbingan teknis dan pembinaan.

Pada kesempatan yang sama , Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jambi Dr. Abd. Hakim, M.H.I Menyampaikan beberapa program prioritas yang dilaksanakan oleh lingkungan Peradilan Agama sewilayah Jambi diantaranya ; Layanan Sidang di Luar Gedung (Sidang Keliling) 10 Pengadilan untuk 598 perkara pada Pengadilan Agama sewilayah Pengadilan Tinggi Agama Jambi, Perkara prodeo dengan jumlah 272 perkara dan Pos Bantuan Hukum pada 10 Pengadilan Agama dan Pengadilan Tinggi Agama Jambi dengan jumlah orang yang dilayani sejumlah 3.344 orang.

Inovasi juga terus dilakukan dalam rangka program peningkatan SDM seperti ; Pengawasan kinerja melalui aplikasi ACO (ACCESS CCTV ONLINE) BADILAG, Pengawasan kualitas Putusan Online melalui Kegiatan Eksaminasi Putusan, Pengawasan penangan perkara menggunakan aplikasi SIPP Banding dan Pengawasan Kinerja, Pelayanan, Kreatifiyas serta Inovasi Peradilan Agama menggunakan Aplikasi PMPZI.

Pada akhir sesi paparan, Ketua Pengadilan Tata Usaha Negara Jambi, Abdullah Riziki Ardiansyah. S.H.. M.H. Menyampaikan beberapa prioritas kegiatan diantaranya: Penyelesaian perkara yang didukung dengan pengamanan sidang ,Pos bantuan hukum dan pembebasan biaya perkara apabila terdapat masyarakat tidak mampu yang membutuhkannya.

Pelaksanaan pembinaan pengawasan terhadap Hakim dan Aparatur Pengadilan yang diadakan secara berkala dan berjenjang oleh Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara Palembang secara langsung, pembinaan secara dalam jaringan (daring) oleh Mahkamah Agung maupun pengawasan yang dilakukan oleh Badan Pengawas Mahkamah Agung juga menjadi salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas dan kapasitas Hakim di lingkungan Peradilan Tata Usaha sewilayah Jambi.

Lebih lanjut, Ketua PTUN Jambi menyampaikan harapan kedepannya berupa dukungan sarana dan prasana untuk meningkatkan kinerja pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

Turut hadir dalam acara Ketua Pengadilan  Tingkat Pertama, Wakil Ketua Pengadilan Tingkat Pertama,Panitera dan Sekretaris Pengadilan Tingkat I dan Tingkat Banding dari  3 Lingkungan Peradilan sewilayah Jambi.

Acara ini juga diikuti oleh warga Peradilan sewilayah Jambi secara daring.(Ish/En/Sf/Pn/Rs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top