skip to Main Content
SOSIALISASI DAN LAUNCHING APLIKASI SEMADE DAN SPEISCIPIK

SOSIALISASI DAN LAUNCHING APLIKASI SEMADE DAN SPEISCIPIK

Koba – Kamis, 19 November 2020, Telah dilaksanakan Sosialisasi dan Launching Aplikasi SEMADE dan SPEISCIPIK pada Pengadilan Negeri Koba. Kedua aplikasi tersebut merupakan aksi perubahan dari Kepala Sub Bagian pada Pengadilan Negeri Koba. Aplikasi SEMADE yang merupakan singkatan dari Sistem Manajemen Dokumen Elektronik, merupakan aksi perubahan dari Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi dan Pelaporan pada Pengadilan Negeri Koba yang merupakan peserta Diklat PKP angkatan X tahun 2020. Pengertian dari Sistem Manajemen Dokumen Elektronik yaitu merupakan Sistem Aplikasi Pengelolaan Dokumen hardcopy yang sudah dialih mediakan kedalam format digital dan disimpan kedalam media berbasis WEBSITE sehingga dapat diakses dari berbagai tempat.

Manfaat dari aplikasi SEMADE antara lain yaitu :

  1. Produktifitas yang Meningkat disisi pencarian dokumen dan broadcast dokumen
  2. Cost Efficiency yaitu dengan menggunakan aplikasi ini, maka Pengadilan bisa mengurangi biaya untuk pembelian kertas
  3. Robust Security yaitu dokumen elektronik pengadilan bisa disimpan dalam tempat yang tersentralisasi, mengurangi kemungkinan tercecernya dokumen
  4. Mempercepat Akses Kedokumen yang Diperlukan
  5. Mempercepat Aliran Distribusi dan Sharing Dokumen
  6. Akses Dokumen dari Berbagai Tempat
  7. Mempermudah Pencarian dengan memanfaatkan fitur search engine pada aplikasi SEMADE
  8. Membantu Mengelola Seluruh Dokumen yang Dimiliki oleh Pengadilan Negeri Koba

Sedangkan untuk Aplikasi SPEISCIPIK merupakan Aksi Perubahan dari Kasubbag Kepegawaian dan Ortala Pengadilan Negeri Koba, yang merupakan peserta Diklat PKP angkatan XII tahun 2020, Aplikasi SPEISCIPIK merupakan singkatan dari Sistem Penelusuran Elektronik Informasi Sakit, Cuti, Pangkat, Izin dan KGB. Dengan adanya aplikasi ini, diharapkan untuk kedepannya akan mempermudah seluruh Pegawai Pengadilan Negeri Koba dalam hal pengajuan Cuti, Izin dan Sakit, serta Sub Bagian Kepegawaian akan lebih mudah untuk memanajemen seluruh data Pegawai. Mulai dari KGB, Sisa Cuti, informasi Kenaikan Pangkat dan sebagainya.

Setelah acara sosialisasi, maka dilanjutkan dengan Launching kedua Aplikasi tersebut oleh Ketua Pengadilan Negeri Koba. Dengan launchingnya kedua aplikasi tersebut pada hari Kamis, Tanggal 19 November 2020, maka aplikasi SEMADE dan SPEISCIPIK resmi digunakan oleh seluruh Aparatur Pengadilan Negeri Koba. (arn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back To Top